OTHER BLOG

Music

Gunakan Tombol Melayang sebelah Kanan Untuk AUTO SCROLL

Monday 25 October 2010

Cara Urus Roya Sendiri

Cara Urus Roya Sendiri - Hallo sahabat Didhiksty Blog, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Urus Roya Sendiri, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel My Life, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Urus Roya Sendiri
link : Cara Urus Roya Sendiri

Baca juga


Cara Urus Roya Sendiri

Kali ini gua mau posting tata cara melakukan roya. Apa itu roya?
Ayo ngacung siapa yang gak tau...
Yang ngacung berarti gak pernah kpr atau kredit dengan agunan rumah hehehe..

Roya itu adalah penghapusan hak tanggungan. Jadi nih ya, waktu kita kredit rumah pasti diterbitkan APHT (Akta Pembebanan Hak Tanggungan). Surat ini menyatakan bahwa rumah tersebut sedang dijaminkan ke bank.
Pada waktu kreditnya lunas, APHT ini perlu dicabut, untuk menyatakan rumah itu sudah tidak diagunkan lagi ke bank, dan untuk itu dilakukanlah roya. Jelas kan anak2 ;)

Roya dilakukan di kantor BPN (Badan Pertanahan Nasional) yang sesuai dengan wilayah rumah kita. Kaya gua kemaren, gua ngurusnya ke BPN Jakarta Barat di puri. Kalo dari arah tol meruya, dari notre dame lurus terus aja, nanti dia ada di sebelah kanan.

Trauma ama ngurus paspor kemaren, daripada deg2an ijin ke kantor, gua ama david ambil cuti sehari. Niat banget ya kita cuti berdua2 mau ngurusin ini, sebenernya sih kita ada urusan laen paginya, dan kebeneran sebelum jam 12 udah kelar, karna ada waktu luang jadi kita sekalian aja roya hihihi..

Roya ini gak langsung dilakukan abis kredit lunas juga gapapa loh, gak ada yang ngingetin, gak ada ruginya juga, kecuali kalo tiba2 biaya roya naek drastis, makanya itu surat roya udah gua diemin berapa taon baru gua urus :)

Kalo rumahnya udah mau dijual baru deh mesti urus royanya dan biasanya supaya gampang sih kita kasih notaris yang urus, kan sekalian dia ngurus surat2 laen. Tapi biaya notaris kan gak murah (kalo gak mau dibilang mahal) dan kebetulan gua ada waktu luang kemaren, ya coba2lah urus sendiri, toh udah kadung cuti hehehe..

Syarat roya:
1. Sertifikat Hak Atas Tanah.
2. Sertifikat Hak Tanggungan (APHT).
3. Surat Pengantar Roya.
4. Surat Keterangan Lunas.
5. Fotokopi KTP yang dilegalisir.

Surat pengantar roya dan keterangan lunas biasanya dikasih oleh pihak bank waktu kredit kita selesai. Fotokopi KTP mah kemaren kita legalisir dulu di kelurahan dengan gratis, tapi ternyata sampe sana orang2 pada gak legalisir tuh, boleh2 aja...

Ngurus roya lebih gampang dari ngurus paspor, cuma perlu dateng 2 kali. Dan kantor BPN sih lebih keren dari kantor imigrasi. Lebih deket pula dari rumah gua.
Ini step2nya:

Step 1: Daftar roya di kantor BPN sesuai wilayah rumah
Bawa berkas2 yang dibutuhkan, beli map khusus roya + formulir di koperasi BPN seharga 10K (standar prosedur, selalu harus beli map duyu), bilang aja ama masnya mau beli map roya, nti dikasih deh map warna merah ada tulisannya ROYA.

Isi formulir dengan benar dan jujur, kalo rumahnya di tanjung duren jangan isi di menteng. Kalo namanya david doank jangan bilang namanya david beckham.

Trus ambil nomer antrian di mesin pencetak nomer yang ada di sebelah kanan pintu masuk. Nomer antrinya berdasarkan loket, roya di loket 5, ada keterangannya di mesin itu.

Abis itu duduk deh tunggu giliran. Kemaren ini gua dapet nomor 696. Nomor yang terpampang di loket 5 baru 630. Berarti masih 66 orang lagi.

Gua tunggu 10 menit, baru jalan 1 nomernya. Trus gua itung2 wah ini mah bisa makan siang ama nonton dulu di puri baru gua dapet giliran. Padahal baru jam 10 pagi loh, kenapa nomornya bisa udah 600-an? Emang bukanya jam berapa ini bpn? Gak mungkin 24 jam kan...

Gua menunggu dengan resah sambil makan kue pia, berharap tiba2 nomernya loncat sekali sepuluh, tapi sampe abis kue pia gua 2 biji, nomernya masih 633.
Haiyahhh... akhirnya gua keliling2 bpn deh ngeliat2 pengumuman, sampe kelar gua bacain tiap tempelan di sana, nomernya masih aja 635. Haiyahhh.....

Abis itu gua duduk deh manyun2, untung rumah gua cuma satu yah yang mesti gua urusin roya, coba kalo rumah gua banyak.. bosen bener gua bentar2 urus roya rumah pik, bulan depan urus roya rumah menteng, taon depan urus roya rumah permata hijau, abislah waktu gua ngurus ginian doank....

Trus gua berdoa, Ya Tuhan.. semoga nomer di depan saya tiba2 gak ada orangnya semua, biar cepat giliran saya Tuhan, sebelum saya berkhayal yang lebih aneh lagi nih...

Abis itu tiba2 gua seperti mendapat wangsit.. gua mendapat pencerahan..

Pasti ada orang yang asal2an pencet nomer loket tadi, trus ternyata dia gak pake nomernya.. pasti ada donk yah, gak mungkin semua orang disini serajin gua, mau baca dulu petunjuk baek2 baru pencet nomer.

Trus.. trus.. kalo ternyata dia sadar nomernya gak berguna, nomernya diapain donk ama dia?
Pasti dibuang! Pasti dibuang doank di lantai, mana mungkin semua orang disini serajin gua mo buang sampah plastik kue pia aja nyari tempat sampah dulu..

Abis itu gua langsung noleh ke arah jam 7, mata gua langsung menyapu lantai di sana setajam elang, dan gua menemukan mangsa pertama. Ada kertas kecil seukuran kertas nomer yang gua pegang2 sedari tadi tergolek pasrah di deket kaki kursi.

Kursinya ada yang duduk tapi, jadi gua gak bisa ke sana buat liat kertas itu kertas apaan. Mana kertasnya kebalik lagi, jadi tulisannya gak keliatan, cuma keliatan kertas putih doank.

Gua penasaran. Gua jalan ke belakang, trus beringsut2 ke deket kertas itu, abis itu kertasnya gua injek dan gua seret ke deket gua hihihi..
Udah agak jauhan baru gua pungut dan gua liat kertasnya...

Wuih.. beneran kertas nomer!
Tertera besar2 huruf 639. Jelas2 nomer ini lebih kecil dari nomer gua.
Tapi nomer doank mah percuma kalo loketnya beda kan ya. Trus gua liat loketnya..

ASTAGA!!

Loket 5. Bener gak nih mata gua?
Gua liatin sekali lagi dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat2nya.. loket 5 nomor 639. Otomatis gua mendongak ngeliat nomer berapa skarang yang lagi terpampang gede2 di loket 5.

Nomor 638.

Jantung gua langsung berdebar2.. gua langsung tergopoh2 ke david melambai2kan nomor yang gua temukan tadi layaknya itu nomor buntut yang menang lotre.

"Vid.. liat gua nemu nomer *bisik2* di deket kursi situ, nomernya 639, sekarang 638. Kita bisa maju abis ini vid.. kikikikik.."
"Masa?? Loketnya juga sama?" *ngeliat kertas temuan gua tanpa berkedip*
"Iyaaa.. samaaa.. loket 5 kan? Tuh bener.. kikikik..."
"Iya... *bengong* gila lu hoki banget vi..."
"Iyaaaa.. gua hoki banget wuahahahahahaha..."

Ting tong tiba2 nomor di loket 5 ganti jadi 639. Langsung kita berdua liat2an, deg2an bentar, ada yang maju gak ya.. ternyata gak ada, ya udah maju deh kita hihihi...

Gilaaa.. gua gak nyangka gua bisa seberuntung ini, tak henti2nya gua bersukur ama Tuhan loo..

Sampe depan, si mas ngecek kelengkapan surat2 kita, abis itu kita disuruh duduk lagi, nunggu. Padahal gua kira abis ini udah bisa pulang ternyata blom, kita harus nunggu lagi dia kasih kuitansi buat bayar ke loket.

Jadi dia kerjain beberapa nomer sekaligus baru diprint kuitansinya, abis itu kita dipanggilin lagi satu2 buat dikasih kuitansi. Nunggunya gua kira bentar, ternyata lama juga, ada kali 15 menit nunggunya. Dan separuh dari waktu itu si david habiskan dengan tak henti2nya mengagumi keberuntungan gua kekekekek :P

Begitu dipanggil si mas, kita langsung maju, ambil kuitansi dan bayar ke loket 2 ya kalo gak salah, gua lupa loket berapa yang pasti loket paling ujung kanan, loket pembayaran.

Disini antri juga, tapi cuma bentar, cuma antri 2 nomer abis itu bayar deh 105K, perinciannya 100K uang roya, 5K sumbangan PMI.

Abis itu kasih kuitansi yang sudah dibayar ke loket 5 lagi, dan duduk nunggu dipanggil lagi buat dikasih surat pengambilan akte. Suara masnya kecil deh, karena dia gak pake mic, jadi usahakan duduk deket2, atau tiap si mas ngomong kita mesti liat dia baek2 buat baca gerak bibir.

Setelah duduk lebih kurang 10 menit, kita dipanggil lagi dan dikasih surat untuk ngambil akte yang tadi kita serahin sekitar 7 hari kerja terhitung dari hari ini.

Abis itu pulang deh, selesai step 1. Total waktu yang gua habiskan cuma sekitar sejeman hehehe..

Step 2: Pengambilan Akte
Datang ke kantor BPN sekitar seminggu kemudian, serahkan surat pengantar pengambilan akte ke loket 4 (lagi2 gua lupa sebenernya loket berapa, yang gua inget cuma loket paling kiri aja).

Trus bawa pulang deh akte kita yang sudah bebas dari hak tanggungan.

Total biaya yang dikeluarkan: 10K + 105K = 115K. Plus datang 2 kali ke kantor BPN.

Pssstt.. sebenarnya gua blom melakukan step yang kedua ini hahaha.. jadi itu gua kira2 doank berdasarkan wawancara gua ama si mas penjaga loket 5 wkwkwk :P
Udah 3 minggu yang lalu gua urus roya, tapi sampe skarang aktenya blom gua ambil2 juga ;P

Abis blom sempet, nanti deh gua ambil kalo david dah pulang, atau david aja yang ambil sendiri hihi..

Kalo ternyata ada perubahan di step dua, nti gua update lagi :P
Jadi begitu caranya ngurus roya, semoga berguna ya :)

Tak lupa tips dari gua: Rajinlah2 melihat kertas2 yang berceceran di sekeliling anda, siapa tahu itu akan menjadi kertas keberuntungan yang menyelamatkan anda dari pantat rata akibat duduk berjam2 di kursi tunggu ;)


Demikianlah Artikel Cara Urus Roya Sendiri

Sekianlah artikel Cara Urus Roya Sendiri kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Urus Roya Sendiri dengan alamat link https://didhiksty.blogspot.com/2010/10/cara-urus-roya-sendiri.html

No comments:

Post a Comment