OTHER BLOG

Music

Gunakan Tombol Melayang sebelah Kanan Untuk AUTO SCROLL

Tuesday 29 January 2013

Kisah Seorang Commuter

Kisah Seorang Commuter - Hallo sahabat Didhiksty Blog, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kisah Seorang Commuter, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel My Life, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kisah Seorang Commuter
link : Kisah Seorang Commuter

Baca juga


Kisah Seorang Commuter

Kali ini gua akan menceritakan suka duka sebagai seorang commuter serpong - jakarta pengguna krl (kereta listrik) atau yang lebih populer dengan commuter line. Kali2 ada yang berencana hijrah ke serpong dan pengen jadiin krl sebagai tumpuan hidup masa depan, silakan boleh dibaca trus ngukur2 kekuatan kaki dan mental sebelum mutusin.

Tulisan ini murni atas pengalaman pribadi penulis tanpa maksud jelek ke pihak manapun karna sampai skarang pun gua masih seorang roker (rombongan kereta).
Sebagai informasi, penulis adalah wanita berumur 30 something, selalu ngaku sebagai wanita yang lembut dan manis, badan cenderung kurus dan sering sakit2an pulak, tapi di masa mudanya sempat menjadi anggota pecinta alam, hmmm.. mungkin inilah penyebab gedenya betis gua tidak proporsional dengan badan gua.

Rute perjalanan krl serpong - jakarta:
Serpong - Rawa Buntu - Sudimara - Jurangmangu - Pondok Ranji - Kebayoran - Palmerah - Tanah Abang.


Ini gambar resmi dari PT KAI, serpong yang jalur ijo, tapi ada beberapa stasiun yang kereta tidak berhenti. Rute yang gua tulis di atas itu yang benernya. Lama perjalanan dari serpong sampai tanah abang kira2 40 menit.

Stasiun terdekat dari rumah gua adalah stasiun rawa buntu (RU). Gua dan roker bsd sebagian naik dari stasiun ini, sebagian lagi dari stasiun serpong. Ada juga kereta dari parung panjang, ini serpong sonoan lagi, jadi dari serpong ada mungkin 3 stasiun lagi ke parung panjang, kalo dari serpong tidak masalah naik kereta yang mana, karna rutenya sama aja.


Di stasiun ada fasilitas parkir, tapi di rawa buntu parkirnya mengenaskan.. cuma sedikit kapasitasnya dan jalannya penuh lubang2. Kemaren ini ada perbaikan, gua udah seneng aja, kirain semua pavingnya mau diganti jadi kan kita jalannya gak jedag jedug lagi, eh ternyata yang diganti cuma jalanan depan dan parkiran deket pintu keluar, yang di dalem mah manyun aja, stay the same.. lobang segede semangka.. gak tau knapa gak sekalian diganti, apa karna gak kliatan dari depan?
Makanya bapak/ibu pejabat, kalo lagi survey lapangan, tolong jangan cuma lewat dari depan yah, masuk ke dalam, supaya tau ternyata di dalam gak diganti loh pavingnya, cuma tampak depan doank yang bagus.

Parkir motor tarifnya 3 ribu sampe malem. Kalo nginep laen lagi, mungkin 10 ribu. Parkir mobil 5 ribu, tapi kayanya cuma sampe jam 6 sore, lewat dari itu lebih mahal. Parkirnya aman kok.
Gua selalu naek motor dari rumah ke stasiun, karna kalo naek mobil bisa capek cari parkir, mesti datang lebih pagi. Mana jalanan depan stasiun itu kecil, jadi pergi macet, pulangpun macet, enakan naek motor.
Tapi kalo ujan sih dilema yah.. mo bawa motor males pake jas hujan, mo naek mobil pasti macet huhu....

Sehari2 gua brangkat ke kantor cuma ngandelin 2 jadwal krl ini aja, jam 6.19 dan 6.44. Jadwal maju mundur 5 menit adalah biasa bagi kereta, jadi untuk amannya 5 menit sebelum jadwal sudah tunggu di peron. Peron adalah tempat kita menunggu kereta. Di rawa buntu ada 2 peron, peron 1 untuk tujuan dari tanah abang ke serpong, peron 2 dari serpong ke tanah abang.

Kalo gua sampe pagian dan krl 6.19 blom jalan, gua tunggu di peron 2, begitu krl dateng gua langsung naek deh. Biasanya gak dapet duduk, karna dari serpong aja udah penuh. Tapi kalo beruntung, definisi beruntung: pintu kretanya terbuka pas di depan kita haha.. dan pas naek ada terlihat bangku kosong langsung gerak cepat pasang pa*tat duduk dalam hitungan detik. Kalo ragu2 habislah sudah, pasti secuil tempat duduk itu udah terisi pa*tat orang hahaha...
Satu bangku panjang biasanya diisi 7-8 orang.

Prinsip yang dipegang teguh oleh roker: selama bangku masih kliatan warnanya brarti duduknya blom sesek, masih bisa dipepet, bisa geser gak pak/bu/mbak? Trus langsung taro pa*tat deh, tinggal orang sebelah misuh2 pahanya mesti nyerong duduknya dan resiko kram selama perjalanan. Tapi bagi orang yang memepet tidak masalah.. yang penting gak usah berdiri gelantungan, asik bisa maenan bb selama perjalanan.

Kalo gua datengnya setelah krl jam 6.19 jalan, gua biasanya nyebrang ke peron 1. Di peron 1 gua naek krl jurusan serpong jam 6.27. Nanti krl ini bakal ngetem bentar di serpong trus balik ke lagi rawa buntu jam 6.44 dan lanjut ke tanah abang. Enaknya ngikut krl ke serpong, kita pasti dapet tempat duduk. Catet, pasti!
Gua akhir2 ini dateng jam2 segini soalnya males berdiri, enakan yang pasti dapet tempat duduk aja deh. Biarin aja ngikut dulu ke serpong, gak lama kok, baca koran pagi aja blom kelar keretanya udah jalan lagi.

Tapi kalo lagi sue telat, krl ke serpong udah lewat, yah terpaksa tunggu di peron 2 untuk yang jam 6.44, dan sudah pasti gak dapet tempat duduk, kecuali kalo lagi extremely lucky atau ada cowo kebangetan baeknya (biasanya tidak ganteng) ngasih tempat duduk, gua ada 2 or 3 kali ngalamin, biasanya gua tolak dengan senyum manis, karna gua kan mengusung kesetaraan gender yah, gua kuat kok berdiri setengah jam, tapi kalo si cowo maksa dan langsung berdiri yah tidak gua sia2kan gua langsung duduk, daripada ada orang out of nowhere tiba2 nerobos langsung duduk hehehe...

Di sudimara nanti siap2 aja bakal banyaaaak orang naek, yang dari bintaro mayoritas naek dari sini.. saking banyaknya, krl langsung penuh kalo abis dari sudimara. Sehingga di jurangmangu dan pondok ranji cuma kebagian space tersisa, kadang kalo krl ada yang gak jalan, jadi dari 2 jadwal itu cuma dijalanin 1, habislah mereka, bisa dipastikan bakal merenungi nasib di peron gak bisa naek saking penuhnya.

Buat yang tipe maksa, bakal maksain terus untuk masuk dengan cara mendorong2 orang yang di depan pintu, padahal diiringi tatapan penuh kebencian dari orang2 yang didorong loh, tapi namanya juga tipe maksa, mereka akan terus maksa sampe masuk.

Bahkan gua pernah liat ada yang ambil ancang2 lari dulu trus loncat sambil melempar badannya ke kereta kuat2, mungkin pikirnya ada gaya dorong sehingga bisa masuk, tapi yang ada malah dia mental keluar, membal kaya bola, lucu deh.. apalagi sambil divideoin temennya yang ketawa2 n bilang mo uplod ke utube.

Waktu itu gua dapet tempat duduk jadi bisa ketawa2in dia coba kalo lagi berdiri gua sukurin pasti tuh orang.. abis kalo berdiri dan krlnya rame itu yah.. aduh sampe nempel ama orang depan belakang gak bisa gerak. Mending krl pagi, orangnya baru mandi, acnya masih dingin (kecuali sue deket orang bau ketek), coba bayangin kalo krl sore, orang udah keringetan, acnya ntah knapa kalo krl sore ini suka gak berasa, trus ada yang angkat tangan sebelah kita dan bau ketek, bisa mabok bau, makanya masker itu perlu kalo jadi roker. Ada bau2 aneh dikit langsung keluarin masker, beres hehe..

Kalo ada yang gak bisa bayangin penuhnya krl itu seperti apa, silakan liat gambar di bawah ini, dan ini bukanlah ketika penuh mampus loh, karna buktinya gua masih bisa poto hehe.. kalo penuh mampus, tampang orang2nya udah gak cool lagi, semuanya mengernyit dan posisi badan, tangan, dan kaki biasanya udah gak lurus, udah mencong kemana2 kaya bangau.

Perbandingan krl penuh dan kosong:





Tapi walaupun begitu, semua penumpang krl gadgetnya mumpuni. Biar kata gelantungan nih, tetep aja satu tangan pegang smartphone. Sibuk aja deh pokoknya. Pernah orang sebelah gua malah nonton my sassy girl di tab dia selama perjalanan, alhasil gua ikutan nonton, kan layarnya gede, gua ngelirik dikit aja udah menikmati, jadilah gua cekikik2 juga sepanjang perjalanan kikikik :P

Oh ya, gerbong 1 dan terakhir krl itu khusus wanita, biasanya 1 rangkaian kereta ada 6 atau 8 gerbong. Tapi gua jarang kesana, karna gua kan bareng david, jadi supaya gak mencar gua di gerbong biasa aja. Di gerbong wanita juga bukannya kalem2 kok orangnya, malah gahar, dan gua gak suka karna mereka suka tek2an tempat duduk buat temennya.


Yah mau di gerbong wanita atau bukan, pokoknya begitu pintu krl kebuka, wussss... langsung orang berhamburan masuk sikut kanan kiri berebutan ke tempat duduk kosong.
Gua pertama2 masih cengo jadi korban orang disikut sana sini, skarang donk.. gua juga wusss melesat ke bangku kosong begitu pintu dibuka.
Tapi kalo sue kita berdirinya gak persis depan pintu yah udalah.. kalem aja mendingan, pasti gak dapet tempat duduk punya :P

Di tiap gerbong juga ada tempat duduk pendek, yang cuma muat 3-4 orang, letaknya di ujung gerbong, ini namanya bangku prioritas. Diutamakan untuk ibu hamil, manula, anak kecil, tapi banyakan sih kita maen duduk aja, nanti kalo ternyata beneran ada yang berhak minta duduk, baru berdiri.. kalo gak ada yah hoki deh hehe..

Sampai di tanah abang, biasanya kereta dari serpong masuknya di peron 6 atau kadang 5. Peron 5 dan 6 itu sebelahan letaknya.
Karena gua tujuannya ke stasiun sudirman, jadi nanti dari tanah abang gua harus melanjutkan perjalanan, pindah ikut krl jurusan bogor di peron 3, karna kereta bogor ini satu2nya kereta yang melewati stasiun sudirman. Jadi dari seantero wilayah suburban termasuk bekasi dan tangerang, kalo mau ke sudirman harus ikut kereta bogor ini.

Menurut gua ini sangat merepotkan, karena dari tanah abang ke sudirman hanya 2 stasiun lagi cuman 5 menit, kenapa tidak dilanjutkan, berbondong2 ribuan orang turun dari kereta, naik tangga penyebrangan atau nyebrang peron dengan loncat rel (gua n david salah duanya), trus nanti saling dorong2an masuk kereta lagi, ini sangat tidak efektif dan melelahkan buat kita.

Mending ganti kereta cuma naik turun kereta aja, ini mesti naik turun tangga penyebrangan karna peron 3 dan peron 6 dipisahkan tangga penyebrangan, yang naiknya juga penuh drama dorong2an dan sikut2an, karna semua orang mo buru2 pindah, telat sedikit nanti ketinggalan kereta ke sudirman.
Karna cape disikut2 orang akhirnya gua n david memilih untuk meloncati rel saja, jadi kita dari peron 6 loncat ke bawah hop.. trus nyebrang sampe ke peron 3, abis itu naek lagi ke atas.


Dulu kalo ikut krl yang 6.19, kadang bisa ke sudirman lewat peron 5, naek krl jurusan manggarai, enak tuh gak usah loncat2 peron, tapi belakangan ini tetep aja disuruh pindah ke peron 3. Gak tau kereta manggarainya kemana. Paling males gua pindah peron ini. Kalo bisa kereta dari serpong itu langsung ke sudirman, gua akan sangaaaat happy.

Nanti sampai di sudirman, orang seabrek2 bakal keluar kereta dan berebutan lagi naek eskalator. Judulnya pokoknya menjadi yang tercepat deh kalo naek krl ini. Aroma persaingan sangat kental disini. Abis itu gua akan jalan kaki sekitar 7 menit dan sampe deh di kantor. Kalo gua ikut krl yang jam 6.44 aja gua bisa absen jam 7.45 kok, jadi gak telat apalagi kalo naek yang lebih pagi.


Pulangnya juga gitu, gua akan tergesa2 setengah lari ke stasiun sudirman, naek krl jurusan tanah abang, trus pindah ke peron 6 atau 5 (iya pindahnya pake jembatan penyebrangan maksiat itu lagiii) dengerin aja toa di stasiun krlnya bakal dimana, mostly sih peron 6 yah.. trus tunggu krl ke serpong datang.

Kalo gua beruntung, krl dari sudirman ke tanah abangnya gak telat, gua bisa naek krl jam 17.19 dari tanah abang. Nanti gua bisa sampe rawa buntu jam 6 kurang dikit.
Enak kan :D
Tapi pasti selalu berdiri, karna biasanya keretanya udah mau jalan, kita masih lari ngos2 di jembatan dari peron 3 ke peron 6. Kalo keburu masuk sebelum pintu ditutup berarti beruntung! Horeee :D

Tapi kalo krl dari sudirmannya aja udah telat, kita pasti gak keburu naek krl jam 17.19 itu. Kita bakal naek krl jam 17:45, nah ini kemungkinan duduknya fifty2. Karna krlnya masih banyak bangku kosong tapi persaingan juga ketat karna banyak yang antri jadi cepet2an lagi deh. Kalo naek krl ini, sampe rawa buntu jam set. 7 kurang 10.
Not bad kan? :D

Untuk yang tinggal sejauh 30 km dari kantor, bisa sampe rumah sebelum jam set. 7 itu termasuk cepet loh..
Gak usah pegel nyetir kena macet, cuma modal lari2 aja kaya orang dikejer2 setan hahaha...
Kalo gua ikut temen naik mobil lewat 3 in 1, dari kantor jam 5, sampe rumah sekitar jam 7 kurang dikit. Jadi yah terbukti krl emang lebih cepet.

Tapi ada kalanya juga krl mengalami masalah, yang relnya ambleslah, kebanjiranlah kaya kemaren ini, atau gangguan sinyal, atau yang lebih sering kereta ekonomi mogok. Ini yang paling nyebelin.
Sebelum krl jalan, kan jadwalnya ekonomi, kereta odong2 ini sering masalah, jadinya kita juga kadang jalannya gak lancar, mesti tungguin dia dulu karna kita dibelakangnya haeshh...

Gua pernah naek ekonomi, karna waktu itu pulangnya kemalaman gara2 lembur dan jadwal krl masih setengah jam lagi, males nunggu gua hajar aja naek ekonomi. Tapi tentunya waktu itu gak terlalu penuh sampe naek ke atap kaya gambar disamping ini yah. Biasanya kalo sore gak sampe gitu, kalo pagi baru tuh pada sunbathing di atap gerbong.

Tiketnya cuma 1500 ajah hihi.. gerbongnya gelap dan banyak orang jual makanan lalu lalang. Yang pasti kalo kereta mogok gak bakal kelaperan deh disini, dan tentu saja tidak ada ac. Tapi orang banyak ngerokok disini :(
Kalo krl kan bebas rokok, gak ada yang jualan dan ngamen juga.

Yah begitulah sekelumit cerita krl yang dibenci sekaligus dicinta para commuter. Banyak yang menghujat tapi banyak pula yang merindukannya. Kalo kereta ontime dan gak sesek, alangkah enaknya naek krl. Di dalam krl jauuuh lebih nyaman daripada busway. Dan walaupun kadang ada kejadian copet, tapi tetep lebih aman daripada bus.
Waktu tempuh lebih bisa diprediksi, jadwal lebih teratur, sekali kereta datang ribuan orang bisa terangkut. Bandingin busway yang baru masuk 5 orang aja, petugasnya udah stop2in, kalo krl kan masuk terus hahaha...

Harapan gua sebagai pengguna krl, semoga nantinya semua krl dari pinggiran jakarta bisa langsung ke sudirman tanpa harus pindah kereta. Karena mayoritas yang naek krl itu adalah pekerja kantoran di kawasan sudirman dan sekitarnya. Kenapa harus turun di tanah abang atau stasiun lainnya lalu berbondong2 ribuan orang pindah naek jembatan untuk ngejer kereta ke sudirman.
Tidak efektif sama sekali loh ini. Cape loh. Kasian betis gua nti tambah keker aja loncat2in peron.

Selain itu semoga krl diperbanyak jadi kita gak desek2an lagi, paling enak sih tiap 15 menit sekali ada di jam2 sibuk orang pergi dan pulang kantor. Soalnya naek krl selalu desek2an berarti kapasitasnya kurang kan, tambah donk krlnya.. kita commuter kan juga manusia..
Kita juga berharap gak mesti tunggu lama di stasiun, kereta lebih sering lewat jadi gak ditumpuk orangnya sampe banyak baru diangkut kaya ikan sarden.

Parkirnya ditambah, tiket elektroniknya cepet terlaksana, walaupun gua agak pesimis wkwkwk.. abis males beli tiket saban ari, kan enak kalo ada tiket elektronik tinggal tap tap doank macam mrt gitu. Tapi yah ngeliat situasi stasiun di rawa buntu gua tambah pesimis, kalo di sudirman sih kerenan.

Oiyah, harga tiket tujuan serpong 8 ribu saja. Kayanya dalam waktu dekat gak bakalan naek sih, karna baru taon kemaren naek dari 6 ribu.
Sejak gua pindah ke bsd, gua selalu ngandelin krl ini untuk pp ke kantor. Gua ngerasa krl masih jadi pilihan yang paling oke untuk situasi kita dibanding bawa mobil sendiri atau naek shuttle.

Masih kebayang hari pertama gua naek krl, gua ama david cengo tanya orang sana sini karna emang info di stasiun kurang yah, kita takut salah naek kereta. Mana di dalam gerbong gak ada pengumuman udah sampe mana, kita bener2 bingung dibuatnya.

Demikianlah tulisan ini dibuat. Semoga berguna for 1st time serpong commuter :)

PS: Gambar bukan semuanya gua yang foto, ada beberapa yang gua comot dari internet, semoga yang gambarnya keambil gak merasa dirugikan ya. Terima kasih :)


Demikianlah Artikel Kisah Seorang Commuter

Sekianlah artikel Kisah Seorang Commuter kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kisah Seorang Commuter dengan alamat link https://didhiksty.blogspot.com/2013/01/kisah-seorang-commuter.html

No comments:

Post a Comment